pagespeed-seo

Hubungan Pagespeed dengan Performa SEO

Tidak dipungkiri lagi bahwa kecepatan akses sebuah landing page atau pagespeed sangat berpengaruh dengan performa search engine optimization (SEO).

Baik secara teori, teknologi, pengalaman pengguna (user experience) maupun secara logika sudah pasti pagespeed sangat penting untuk SEO.

Lalu faktor apa saja yang membuat pagespeed bisa menjadi bagian penting dalam hal optimasi SEO?

Pada dasarnya faktor Time to First Bite (TTFB), First Meaningful Paint (FMP), Time to Interactive (TTI) juga penting tapi sebenarnya yang harus jadi perhatian utama adalah Document Object Model (DOM).

“Document Object Model (DOM) adalah platform standar World Wide Web Consortium dan antarmuka bahasa-netral yang memungkinkan program dan skrip untuk secara dinamis mengakses dan memperbarui konten, struktur, dan gaya dokumen.”

TTFB, FMP, TTI dan teman-temannya sangat erat kaitannya dengan rendering path dan file-file yang ada dalam html (termasuk file eksternal URL). Untuk itu usahakan seminimal mungkin jumlah rendering path file Anda.

Gabung/bundle file script (JS) jadi satu, demikian juga file CSS dan kompress. Semua script bisa digabung jadi satu tapi jika ada JQUERY maka wajib diletakkan paling atas karena script lain biasanya mengikuti jquery.

Bagaimana dengan WordPress?

Ada banyak tutorial untuk percepat loading situs berbasis CMS wordpress (WP), Anda bisa ikuti tips-tipsnya, mempercepat loading WP memang butuh effort yang lebih. Untuk itulah korelasi hosting sangat erat jika Anda sudah memutuskan untuk memakai CMS wordpress.

Dalam hal pemakaian wordpress, yang harus diperhatikan adalah teknologi memcached, varnish atau redis object cache. Karena wordpress berbasis php dan dinamis maka jika ingin performa pagespeed dan bagus di SEO, pastikan performa hosting Anda support (memcached/varnish/redis).

Biasanya paket yg support objek cache ini adalah paket cloud hosting keatas. Tapi tetap harus cek lagi karena mungkin saja ada hosting cloud yang belum menerapkan layanan objek cache ini.

Untuk virtual private server (VPS) yang unmanage harus dikelola oleh team yang mengerti per-server-an karena semua dilakukan oleh Anda sendiri. Sangat sayang jika Anda sudah menggunakan layanan VPS tapi tidak menghidupkan objek cache ini.

Untuk score pagespeed lainnya Anda bisa cek melalui tool pagespeed insight atau bisa langsung audits melalui chrome browser, inspect element. Fokus pada score mobile version dulu karena sejak Google meluncurkan algoritma “mobile fisrt indexing” ini berarti bagian versi mobile sangat penting.

Dalam banyak study kasus korelasi antara SEO dan pagespeed terutama yang menggunakan wordpress, situs yang menerapkan objek cache (Varnish/memcached/redis) lebih kuat SEO nya, lebih cepat naik dan lebih stabil posisi ranking nya.

Close